Serial OTFA SAri di Antara Selat Malaka (Part 1)


WhatsApp Image 2018-02-27 at 20.41.26

Sebuah sejarah akan terasa bermakna ketika kita mulai terbuka memahami makna terkandung di dalamnya. Hidup ini terdiri dari penggalan-penggalan cerita, tentang usia, tentang cinta, tentang memberi dan menerima. Perjalanan waktu mungkin ada batasnya, mungkin pula tamat riwayatnya, atau kemungkinan lain seperti cerita bersambung bagai sebuah drama, apakah itu peran yang di paksakan, atau mungkin dikehendaki dengan memberi bumbu menarik agar kisah terus berlanjut.

Begitulah kita merangkai cerita hidup, ada kalanya asik dan menarik, saat lain hambar dan membosankan. Perkara hidup bukan semudah tangan menulis di buku kosong, bila kotor ganti lembaran baru, jika habis beli yang baru. Meski ada kemampuan mengganti buku lama dengan yang baru, tapi tak semudah itu menghapus catatan lama dan melupakanya begitu saja. Kita mampu menulis dengan baik, memakai bahasa yang menarik karena di mulai dari tulisan yang kurang menarik, pada kesempatan ini kami mengulas kegiatan OTFA ( outinbg Tracking, fun and adventure) di Pulau Rupat, Sebuah pulau kecil di kabupaten bengkalis.yang langsung berbatasan dengan selat malaka. Pulau rupat di bagian pantai utaranya terdapat pohon rhu. Disanalah kegiatan OTFA ( outing tracking fun and adventure) di laksanakan selama 5 hari 4 malam bersama laskar sekolah alam duri kelas 5 Rasanya ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk kami semua.

IMG_20180227_112615

Pendidikan sejati bukan sekedar mentransfer sebuah ilmu dari guru kepada anak didiknya namun bagaimana pula cara mengaplikasikanya dalam kehidupan di lingkungan sekitarnya.OTFA kali ini yang dilaksanakan mulai tanggal 24-28 februari 2018 dibagi menjadi lima kelompok, yaitu 2 kelompok perempuan dan 3 kelompok laki laki

Jum’at 23 Februari 2018 anak-anak sudah berkumpul di sekolah dan siap untuk diberangkatkan ke lokasi perkemahan di teluk rhu rupat utara. Pada malam itu anak anak menginap di sekolah terlihat pada wajah wajah mereka penuh semangat dan kesipana akan mengikuti kegiatan otfa.

Anak anak diberangkatkan dengan menggunakan 3 bus sekolah dan satu mobil pick up untuk mengangkat barang branag mereka. Hingga tibalah di dermaga penyebrangan dumai menuju tanjung medang rupat utara dengan menggunakan speedboat, kebanyakan anak anak sebagian besar mengaku baru pertama kalinya menggunakan speedboat.
Akhirnya pada pukul 12.00 kami tiba di dermaga tanjung medang, kemudian melanjutkan perjalanan menuju desa teluk rhu menggunakan mobil pick up, saat tiba di lokasi kami bertemu dengan kepala petugas penjaga menara suar teluk rhu yakni pak Amiruddin, dan kami meminta izin untuk membuat tenda di sekitar tower menara suar.

IMG_20180228_063142

Setelah mendirikan tenda kami pun bergegas sholat zhuhur secara berjamaah. Lalu di lanjutkan dengan makan siang bersama.

Alangkah Indahnya ciptaanMu ya Rabb, Subhanallah, disinilah kemandirian mereka diuji, karena nantinya dalam kegiatan ini akan ada sesi masak sendiri bersama teman walaupun ada yang komentar kalau masakannya sangat enak samapi-sampai tidak ada rasanya. Tapi mereka tetap menghargai hasil kerja keras teman-teman mereka dan buktinya masakannya tetap habis juga. Selanjutnya, kami berkumpul di lapangan untuk mendapatkan penjelasan tentang peraturan selama mengikuti OTFA, sebelumnya kami juga berdoa untuk memulai kegiatan ini kegiatan yang kami adakan dalam kegiatan Outing, Traking, Fun, and Adventure (OTFA). laskar SAri yang dibagi dalam 5 kelompok laki laki dan perempuan.

Kegiatan yang di rancang untuk menempa jiwa leadership anak anak menuju remja tuk lebih mandiri. ini sebuah tantangan ketika anak anak yang mulai beranjak dewasa dengan berbagai macam latar belakang karakter kini dipadukan dalam satu tempat yang sama, di area inilah kita bisa melihat mereka dengan sifat aslinya yang kadang cukup membuat kita kesal namun ada juga lucu lucunya hehe,,

IMG_20180224_162057_HDR

yang paling terlihat ialah disaat masing masing kelompok memilih ketua kelompok maka akan terlihat siapa yang punya ambisi dan nunggu diberi amanah.mengubah pola atau kebiasaan anak anak bukan hal mudah apalagi seumuran mereka harus banyak banyak sabar karna mendidik bukan sekedar memberi tahu terkadang kita juga harus masuk dalam dunia mereka, dibutuhkan rasa sabar dan sikap bijak yang tepat dalam emnghadapi anak anak generasi zaman sekarang karena mereka sebagaian besar juga ada pengaruh perkembangan teknologi dan makanan serta pergaulan sehari hari berbeda dengan zaman dahulu yang anak anaknya masih terkesan lugu dan gaptek.

bukan masalah hasil semata yang diharapkan oleh semua, namun bagaiman proses yang waktu singkat ini betul betul bisa dijadikan sample penilaian agar kita bagaian mana yang harus diperbaiki lagi, kita masih ingat bukan bagaiman pendidikan akhklak nabi Muhammad dari kecil sudah ditempa begitu luar biasa namun kita juga tidak perlu berkecil hatri karebna kita masih bisa melakukan hal yang sama tentunya juga dukungan dari orangtuanya.
sabtu sore, kegiatan kami membersihkan area otfa dan tepian pantai yakni memungut sampah sampah plastik, betapa indahnya pantai ini bila terawat dan terususn rapi tempat pembuangan sampahnya, karena tempat ini pantainya langsung bersinggungan dengan laut selat malaka gumam salah satu murid kepadaku.aktifitas selanjutnya adalah bersih bersih dan mempersiapkan makan malam.

malam itu udara cukup bersahabat, kegiatan setelah makan malam di isi dengan mengaingatkan kembali kepada setiap kelompok akan aturan dan yel yel serta menjaga kebersihan di masing masing tenda. angin yang semilir membuat kami terasa ingin segera merebahkan badan dengan cepat.

IMG_20180225_063034

IMG_20180225_064426_BURST1

Kala fajar menyingsing dari ufuk barat, awan berarak dari timur dengan indahnya deburan ombak laut menyapu pasir pasir ditepian pantai menemani nuansa pagi kami setelah melakukan sholat subuh dan Al Masurat bersama sama. kami melakukan aktifitas streching di dermaga sembari menikmati indahnya pagi dan sejuknya udara pagi.
Hari kedua kegiatan otfa setiap kelompok diberikan tugas mandiri mulai dari mencuci pakaian masing masing sampai belajar mempersiapkan masak untuk makan siang siang dan malam, dan kegiatan itu cukup memberi kesan tersendiri, bagi laskar SAri kegiatan tersebut menyenagkan selain melatih kemandirian juga memanjemen waktu dengan baik untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dalam waktu yang sudah ditentukan oleh panitia.

Menit berganti jam, hari pun mulai terik dan anak anak sudah selesai menyelsaikan tugas pribadi dan kelompok yakni mempersiapkan makan siang, walau hasilnya hehe ( tapi tetap dinikmati bersama sama) artinya disitulah nuansa belajar pertama saat masak dengan kelompok.

setelah sholat Zhuhur dan makan siang bersama lalu istirahat sejenak, kegiatan otfa dilanjutkan dengan materi “Menara Suar” dengan pembicarabya adalah pak Amir selaku kepala penjaga menara suar di teluk Rhu Rupat utara, pak amir dengan senyuman manis menyapa anak anak sebelum materi berlangsung, Ia menjelaskan akan menara suar dan fungsinya serta tugas tugas sebagai penjaga kepala menara suar, walaupun cuaca cukup terik rasa keingintahuan peserta otfa sekolah alam duri sangat tinggi, aktif dalam bertanya kepada pak Amir. dan sampai akhirnya anak anak yang berani mencoba di perbolehkan naik ke puncak menara suar yang tingginya mencapai 50 meter, sembari menikmati sunset dari menara suar,  seru banget kan hehe.

IMG_20180225_152132

IMG-20180225-WA0072

IMG_20180225_170549

IMG_20180225_170912<a

IMG_20180225_174533

terjawab sudah keingintahuan peserta otfa sekolah alam duri akan fungsi menara suar dan tugas tugas dari penjaga menara suar, sekilas memang ringan tapi sangat berpengaruh lho dalam lalu lintas di laut apalagi pulau Rupat ini berbatasan langsung dengan selat malaka yang menurut informasinya selat malaka merupakan jalur lalulintas laut yang padat yang sering kapal pesiar dan lainya melintas disana.

baru saja kita belajar akan menara suar, artinya sebuah penyelengaraan pendidikan bukan sekedar di kelas saja namun anak anak terkadang harus ikut menyaksikan pemebelqajaran yang nyata, pengalaman adalah sebuah proses pembelajaran yang bagus dan sangat mudah bagi anak anak menangkap dan mengenang sembari mengambil pemaknaan dari sebuah peristiwa atau hal baru yang ia temui di sekitar lingkunganya, sebab masa ini lah mereka memiliki daya rekam dan ingatan yang kuat maka perlu stimulus pendidikan yang baik dan menjadi inspirasi untuk mereka.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>