21766327_1889073954452520_6482281019261580598_nHari ini kita baru saja memasuki tahun baru yakni tahun baru Islam yakni 1 Muharram diambildari kisah perjalanan hijrahnya Nabi Muhammad ke Kota Madinah saat itu Kaum Muslimin menghadapi banyak tekanan dikota makkah oleh kaum Quraisy”

Memaknai tahun baru Islam ialah dengan kembali mengingatkan pada peristiwa hijrah sehingga meningkatkan kepercayaan kita sebagai generasi muslim akan kebenaran ideologi dan aqidah yang dianut. Tidak mempedulikan segala macam gangguan yang bertujuan menggoda iman. Dalam siroh Nabawiyah disebutkan saat itu Rasulullah saw sangat percaya akan kesuksesan hijrah, dakwah dan sampainya beliau di hadapan para sahabatnya di Madinah, meskipun beliau akan melalui ancaman dan kesulitan besar dalam perjalanannya.

Kru Drama Musikal

Sebagai generasi islam dalam memperingati tahun baru hijriyah sudah selayaknya mengenalkan kepada generasi muda akan momen kepahlawan dalam momen hijrah dan sejarah Islam. Perjuangan yang dilakukan Rasul dan para sahabatnya selama melakukan perjalanan itulah yang menjadi makna tahun baru Islam hendaknya diresapi betul agar perjalanan penuh pengorbanan itu sendiri menjadi sebuah pelajaran hidup untuk kita semua.

Hari ini bila kita menelusuri akan makna dan pelajaran yang bisa diambil oleh kisah Hijrahnya nabi Muhammad yang mulai pudar bahkan Tertutupi oleh hingar bingar seremonial perayaan tahun baru Masehi yang memang sudah tradisi untuk dirayakan secara meriah.

Berangkat dari itu semua maka Muncul sebuah ide dan gagasan diantara beberapa Fasilitator ( red; Guru) Sekolah Alam Duri yang mengusung sebuah bentuk kegiatan meyambut tahun baru Islam dengan penampilan Drama Musikal.

ketika berbicara tentang Hijrah kita akan terkenang sahabat nan setia abu bakar ash-shiddiq, sahabat yang menemani rasulullah menempuh perjalanan ratusan kilometer yang penuh bahaya. terkenang pula padwa wanita tangguh, kokoh yakni asma binti abu bakar, ia daki puncak jabal tsur, ia kirim logistik untuk keperluan rasulullah dan ayahnya abu bakar. Ia relakan sabuk pengikat nya di belah dua. Satu digunakan untuk mengikat logistik hijrah satu lagi digunakan selayaknya wanita. Julukannya dzatun nithaqain(pemilik dua sabuk) langsung Allah yang memberikannya.

21931461_327351261064595_1068644865_o

Drama musikal yang diperankan oleh beberapa Siswa Siswi Sekolah Alam Duri ( SAri) mengambil tema drama “ Hijrahnya Rasulullah” Siswa siswi yang memerankan beberapa tokoh drama musikal sangat antusias dan penasaran bagaimana rasanya memerankan sebuah tokoh dalam kisah “Hijrah”. dimana dalam penampilan itu akan mengenang kembali Muhajirin dan Anshor pada keduanya ada persaudaraan yang luar biasa.

Pertunjukan drama Musikal ini memberikan kesan tersendiri kepada warga sekolah saat itu , karna anak bisa langsung belajar mempelajari tokoh dengan memerankanya atau bisa mendengar dan melihat secara audio visual dalam bentuk drama anak anak sekolah.

Semoga kedepan drama drama musikal yang diperankan oleh siswa siswi sekolah alam duri bisa mewarnai kegiatan dalam memaknai peristiwa penting dalam sejarah islam ; ujar Rayyan salah satu siswa sekolah alam duri.// AJ

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>