Profil


Sekolah Alam Duri berlokasi di Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, mulai dibuka pada Tahun Ajaran 2012/2013. Dimulai dari 1 kelas untuk kelas 1 SD, kami mengharapkan doa restu dan dukungannya agar impian adanya Sekolah Alam yang Islami dan berkualitas tinggi ini dapat terwujud di Kota tercinta ini.

Sekolah Alam Duri adalah bermula dari pemahaman bahwa Pendidikan yang berkualitas tidak ditentukan oleh gedungnya, melainkan pada kualitas guru, metoda yang diterapkan dalam proses belajar mengajar, dan kurikulum yang ditunjang oleh media yang memadai sebagai gerbang ilmu pengetahuan.
Gagasan Sekolah Alam lahir sebagai idealisme bahwa:

  1. Daya kritis dan kreativitas siswa harus tetap dipupuk sehingga pada saat dia dewasa kelak akan menjadi orang-orang yang berjiwa pemimpin dan tidak mudah terhanyut jaman.
  2. Dalam referensi sejarah peradaban manusia telah ada sekolah terbaik yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Sekolah yang menerima siswa-siswanya apa adanya. Dengan didikan Rasulullah mereka akhirnya lulus dengan gelar Khairu Ummah, Umat terbaik. Sehingga lulusannya menjadi pemimpin dimuka bumi yang membawa rahmat bagi semesta alam.
  3. Pemanfaatan alam sebagai laboratorium belajar. Alam menyediakan begitu banyak inspirasi bagi ilmu pengetahuan. Di alam tersedia alat peraga, objek penelitian dan sarana pengembangan kepribadian yang sangat lengkap dan mewah.

Perwujudan dari hal tersebut, berupa penekanan bahwa Sekolah yang didirikan harus:
• Fokus pada aspek kualitas.
• Mengoptimalkan alam sebagai prasarana dan media pembelajaran
• Mengimplementasikan kurikulum dengan menggunakan metoda fun learning di alam terbuka.

FILOSOFI
Mengacu pada tujuan manusia diciptakan ;
” Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling bertakwa diantara kamu” (QS. 49 :13)
“ Niscaya Allah akan meninggikan orang yang yang beriman di antara kamu dan orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat” (QS. 58:11)
” Dan ingatlah ketika tuhanmu berfirman kepada para malaikat, sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi..” (QS. 2:30)

Sekolah Alam mengembangkan intisari pendidikan mengacu kepada 3 (tiga) aspek utama: KETAKWAAN -KEILMUAN – KEPEMIMPINAN

Latar BelakangKonsep Pendidikan di Sekolah AlamVisi dan Misi  |  Tujuan dan Sasaran