OTFA dan Pelangi Harapan di langit Senja


24171935_1570286939716602_1170643512_n

Bismillah, telah menjadi sunnatullah datang generasi baru yang meneruskan perjuangan generasi terdahulu. Para pemuda, sejak dulu selalu memendam asa dan cita-cita untuk memperbaiki kondisi bangsa. Di dalam Al-Qur’an misalnya, kita mengenal para pemuda bertauhid yang disebut Ashabul Kahfi.

laskar ( Siswa Siswi) SAri kelas enam mulai menginjak proses remaja dan ini harus di dampingi dengan baik agar proses pengendalian diri yang lebih matang lebih baik lagi. kali ini team outbond Sekolah Alam Duri membuat sebuah agenda otfa ( outing, tracking fun and adventure) bekerjasama dengan fasilitator kelas, dengan sebuah program bermuatan  nilai nilai pembelajaran dan pembentukan nilai nilai akhlak islami.

bila saya melihat ada yang berbeda dengan kegiatan OTFA ini, yakni kegiatanya diikuti oleh kelas 6 saja. Dan yang paling berbeda kali ini adalah panitia dan pendampin ( guru) melakukan penilaian kemandirian mereka terhadap penataan dan pengumpulan barang- barangnya, semua serba mandiri sehingga guru yang menjadi pendamping hanya berfungsi hanya untuk melakukan penilaian bukan lagi mengurusi mereka. Mereka mulai bangun tenda sendiri, masak sendiri, mengecek barangnya sendiri, dan membuat performance serta yel yel sendiri. Dan semua dilakukan oleh kelompok.

Pra Otfa

jelang keberangkatan siswa siswi sekolah alam duri dua hari sebelum berangkat wajib mengumpulkan barang dan perlengkapan yang diperlukan di sekolah kepada panitia, hal ini dilakukan agar tidak tergesa gesa saat akan berangkat agenda otfa. terlebih anak anak juga mendapatkan pra materi OTFA( outing tracking fun and adventure) dengan cara diskusi, hal ini memang membosankan tapi inilah sebuah bentuk penilaian kesabaran dan adab di sebuah forum.

24171646_1571664696245493_1236212876_n

OFTA

Saat pemberangkatan, siswa siswi sekolah alam duri kelas 6 mengikuti upacara pelepasan yang di saksikan oleh adik adik kelasnya dan selanjutnya sholat dhuha di masjid. siswa siswi kelas 6 SAri diberangkatkan menggunakan bus sekolah dengan perjalanan kurang lebih 1,20 menit untuk Tiba di lokasi desa Rantau bais Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, dan untuk mencapai lokasi pulau pulau tilan semua harus menyebrang menggunakan perahu untuk mencapai tujuan otfa.yang terletak di seberang perkampungan warga.

IMG_20171123_103658_HDR

suasana dipulau seberang perkampungan penduduk, udara masih terasa segar dan sejuk ditambah nuansa yang dekat sungai seakan ingin berlama dan betah disini, keadaan masyarakat disana berbagai macam dalam kegiatanya namun masih sangat kental akan budaya melayu islam. dan Tiba akhirnya dilokasi, laskar SAri kelas 6 langsung membangun tenda, bersiap masak dan sholat dzuhur berjama’ah dilanjutkan dengan makan siang.

24171527_1571661896245773_2016149428_n

Ba’da zuhur, kontrak belajar selama kegaiatan dilakukan agar kegiatan otfa berjalan sesuai role play , dan bila melanggar akan kontrak belajar maka akan mendapatkan konsekuensi. selanjutnya mereka mengikuti agenda yang sudah ditetapkan oleh panitia yakni tentang pengantar survival didalam hutan dan jenis apa saja yang boleh dimakan. kemudian dilanjutkan dengan materi p3M sampai jelang ashar yang disampaikan oleh pak Adha.

24252043_1571665139578782_856383648_n

Bada shalat Ashar, laskar SAri kelas 6 kembali diberi tantangan harus menyelesaikan halang rintang yang sudah disiapkan , terlihat wajah wajah yang penuh semangat laskar mengikuti di hari kedatanganya. karena selain halang rintang mereka juga langsung bertemu bebera jenis hewan peliharaan warga Rantau Bais dipulau tersebut dan unggas liar lainya.

IMG_20171123_143305_HDR

kegiatan outbond sore selesai, selanjutnya mereka bersiap siap masak untuk makan malam, mandi dan sholat maghrib. Lalu membaca Al Matsurat (zikir sore) bersama dan dilanjutkan sholat Isya. Bada Isya, siswa siswi laskar sari kembali mengikuti materi yakni berdiskusi dengan buk Yulmi ( kepsek sekolah alam) bersama tim pendamping dan lainya, dalam diskusi tersebut akan tampak siapa yang sabar dalam forum dan yang kurang fokus hehe,

IMG_20171123_142809_HDR

Setelah agenda diskusi, siswa siswi di perbolehkan kembali ke tenda masing masing dengan penugasan membuat yel yel masing masing kelompok. Panitia dan pendamping ( Guru) kelompok peserta otfa rapat evaluasi satu hari bersama Panitia serta persiapan kegiatan jurit malam.

IMG_20171124_053249

ini sebuah tantangan ketika anak anak yang mulai beranjak dewasa dengan berbagai macam latar belakang karakter kini dipadukan dalam satu tempat yang sama, di area inilah kita bisa melihat mereka dengan sifat aslinya yang kadang cukup membuat kita kesal namun ada juga lucu lucunya hehe,,

yang paling terlihat ialah disaat masing masing kelompok memilih ketua kelompok maka akan terlihat siapa yang punya ambisi dan nunggu diberi amanah.mengubah pola atau kebiasaan anak anak bukan hal mudah apalagi seumuran mereka harus banyak banyak sabar karna mendidik bukan sekedar memberi tahu terkadang kita juga harus masuk dalam dunia mereka, dibutuhkan rasa sabar dan sikap bijak yang tepat dalam emnghadapi anak anak generasi zaman sekarang karena mereka sebagaian besar juga ada pengaruh perkembangan teknbologi dan makanan serta pergaulan sehari hari berbeda dengan zaman dahulu yang anak anaknya masih terkesan lugu dan gaptek.

24171524_1571661449579151_1265711343_n

bukan masalah hasil semata yang diharapkan oleh semua, namun bagaiman proses yang waktu singkat ini betul betul bisa dijadikan sample penilaian agar kita bagaian mana yang harus diperbaiki lagi, kita masih ingat bukan bagaiman pendidikan akhklak nabi Muhammad dari kecil sudah ditempa begitu luar biasa namun kita juga tidak perlu berkecil hatri karebna kita masih bisa melakukan hal yang sama tentunya juga dukungan dari orangtuanya.

rapat evaluasi pun selesai dan malam itu ternyata Alam disana menyapa kami dengan guyuran hujan deras disertai angin di area dimana kami ngecamp, namun pembagian tugas harus berjalan karena lokasi juga cukup jauh dari perumahan warga yang dikelilingi oleh semak hutan , dalam hati saya berkata hujan adalah pertanda rahmat walaupun tenda basah namun tetap disyukuri saja , berharap agenda jurit malam bisa berjalan juga.

tidurku terbangunkan oleh suara sayup sayup Adzan yang terdengar dari seberang yang kukira sudah subuh namun ketika ku bertanya pada salah satu panitia ternyata masih pukul 03.00 , ternyata dikampung tersebut sebelum subuh memang ada adzan sebagai penanda pengingat waktu shalat, saat itu hujan masih terasa deras, dan agenda jurit malam tidak bisa dilakukan karna bukan sekedar jurit malamnya namun kondisi alam belum mengizinkan kami melakukan agenda dilapangan pada dini hari. dalam hati ini berkata, Ya Allah terimaksih atas karuniaMu engkau curahkan rahmat dibumi dan lindungilah kami agar kami lancar dalam menjalankan agenda ini.hingga akhirnya jelang subuh kami hanya membangunkan seluruh siswa siswi sari untuk melakukan agenda shalat sunnah tahajud dan persiapan sholat subuh.

Menjaga kebugaran tubuh dan memanaskan tubuh sebelum melakukan aktivitas yang panjang itu penting, karena otot urat kita pada malam hari kita tidur paling tidak kita melakukan streaching, wajah wajah yang dipenuhi rasa kantuk diantara mereka mewarnai streaching pagi yang cukup dingin. saya faham, bahwa sebagain baju mereka basah karena masuk air didalam tendanya. namun hal itu tak membuat semangat mereka mundur.

IMG_20171124_084423

Hari Kedua aku mengutip sebuah kalimat “Sekali layar terbentang maka pantang pulang” sebelum selesai misinya sebuah kalimat yang sempat terucap diantara panitia membuat pagi yang sedikit mendung menjadi cerah, kegiatan selanjutnya ialah sarapan pagi dan peserta tidak mandi pagi karena akan melakukan susur sungai.hehe

pagi itu team panitia pak Nanda mengantar buk Yulmi pulang ke Duri untuk menghadiri puncak peringatan hari pohon disekolah yang dihadiri oleh dinas dari luar sekolah.

satu, dua, tiga, empat, lima,,, enam,, tujuh,,..dst

suara lantang terdengar dari salah satu panitia untuk mengumpulkan peserta dilapangan untuk mengecek persiapan perlengkapan tracking susur sungai. sebelumtracking setiap kelompok wajib menyanyikan yel yelnya .

baik, kita mulai ya ,,, suasana ramai mulai tampak ketika yel yel disuarakan,

perjalanan tracking pun dimulai sepanjang perjalanan semua terlihat semangat dan ceria, melihat disekeliling mereka penuh dengan pemandangan hijau mulai dari rotan sampai pohon pohon lainya dan sungai yang tak jauh dari mereka berjalan.

tak terasa perjalan yang sudah cukup jauh dan terlihat diantara mereka mulai kelelahan, akhirnya kami memutuskan tuk berteduh dibawah pohon besar yang rindang. dibawah pohon itu sembari istirahat juga ada diskusi kecil untuk sebagai bahan pembelajaran kedepan, karena bagi panitia output kegiatan ofta bukan sekedar kemah biasa namun ada harapan yang harus nampak dan terampil saat kembali kesekolah.

untukmu wahai ananda ini kutuliskan untukmu kelak ketika kalian sedang belajar tentang dunia kita, tentang ayat ayat Allah (yang Allah perlihatkan lewat bentangan alam), dan Ayat tentang (bagaiman menghafal ayat ayat qur’an Allah). maka jadikanlah sebagai bekal kelak, umtuk belajar mencintai belajar dengan adanya kami atau tidak, semoga kelak engkau menguasai teknologi yang ramaha lingkungan sebagai bentuk nilai islam rahmatan llil alamin. kalian pun sedang belajar tangguh dan semoga tidak cengeng sebagai pemuda lewat kemandirian dan trekking siang hari yg kalian tempuh, serta ada kepasrahan terhadap yang Maha Kuasa di sana. Saat saat seperti itu Allah lah satu satunya penolong kita, lalu apa yang mesti kita sombongkan dalam hidup ini ?!!

maka Jadikanlah air mata kita hanya untuk Allah, hanya untuk muhasabah diri, hanya untuk yang terbaik wahai para pejuang2 Allah dan negara ini.

hingga suatu hari nanti kami akan melihat kalian menjadi pemimpin yang takut dengan sang pencipta, mencintai agama dan negara ini, yang dekat dengan alam sehingga melihat alam dengan hati dan tidak termasuk barisan perusak lingkungan, yang peka terhadap orang2 di sekitarnya, dan pemimpin yang tangguh dan kuat! Tunggulah saatnya nak, tunggulah dan teruslah begerak.

IMG_20171124_090426_HDR

Perjalanan kami pun akhirnya dilanut menuju pulang ketempat kami awal, Sungguh Indahnya Allah SWT yang telah menciptakan seluruh alam semesta ini, berawal dari rasa keingintahuan untuk menjawab kegelisahan-kegelisahan hati yang sudah dicoba berbagai aktivitas untuk meredakannya tetapi hanya aktivitas di alam terbuka seperti ini yang bisa meredamnya, sembari berfikir aku tuk bisa berinteraksi untuk menyiram hati ini. tubuh ini berinteraksi dengan lingkungan sekitar dari jasmani sampai rohani yang paling dalam.

IMG_20171124_093033_HDR

kita sepakat, bahwa tracking di alam bebas atau hutan bukan semata-mata sekedar berjalan, namun selalu ada sesuatu yang akan dipetik hikmahnya. Misalnya kita mencoba untuk mencari tantangan-tantangan dengan kita memanfaatkan kontur alam, seperti memanjat, merayap, mendaki, dan melewati sungai sungai atau parit kecil.

IMG_20171124_095617_HDR

Tidak jarang diselipkan ilmu pengetahuan selama tracking Otfa berkaitan dengan binatang ataupun tumbuh-tumbuhan yang ditemukan dalam perjalanan. Hal tersebut untuk menambah wawasan pengetahuan tentang pentingnya kita bersahabat dengan alam.Semua hal tersebut dilakukan untuk mengenalkan alam pada anak-anak di usia yang mulai menginjak masa remaja, agar tahu akan tentang pemahaman, fungsi dan manfaat alam.

IMG_20171124_103753_HDR

Kegiatan ini juga mengajarkan kepada anak tentang pentingnya bekerjasama dalam kelompok, keberanian mengambil keputusan serta dapat membentu fisik yang sehat dan kuat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. dalam perjalanan otfa kali ini kita menyrusuri garis tepian sungai sehingga dapat memberikan kesan petualangan dialam bebas yang dapat membentuk jiwa kebersamaan didalam kelompok.

Dalam perjalanan selama tracking para siswa siswi Sari diberikan pembekalan untuk berdisiplin dengan cara membagi tugas dalam kelompok dengan demikian rasa kebersamaan dalam kelompok dapat tetap terjaga.

IMG_20171124_103823_HDR

sebuah apresiasi ketika inisiatif dan pencapaian anak ketika emosi positif yang kita berikan juga akan berefek baik bagi stamina kita yang mendampinginya. Everybody will be happy

Akhirnya, Tibalah kami kelokasi kami ngecamp, sembari istirahat dilanjut dengan persiapan sholat zhuhur berjamaah seperti biasa.

siang itu bertepatan hari jum’at dan kami mengganti sholat Jum’at dengan sholat Zhuhur karena jumlah laki laki kurang dan menuju lokasi keseberang cukup jauh. angin sepoi sepoi menemani aktivitas kami siang itu.

mengajak anak anak untuk keluar dari kotak nyaman, menjadi tantangan sendiri saat itu, mulailah mereka bercerita tentang kegiatan yang mulai berjalan hari kedua bercerita tentang akan kurangnya air minum, pembagian tugas kelompok, serta kerjasama dalam kelompok yang kurang kompak dan lain sebagainya sehingga ada yang telat makan hehehe,

siang itu kegiatan selanjutnya bersama pak salim, kembali melanjutkan diskusi bersama seluruh peserta walau suasana cukup mendukung untuk tidur namun diskusi tetap berjalan sebagaimana roundown yang sudah disepakati.

Awan berarak dari timur ke barat, suasana mendung menghiasi sore kala itu, hembusan angin menemani kegiatan siswa siswi SAri.

sore itu kegiatan siswa siswi adalah jembatan penyebrangan basah, yakni anak anak menggunakan pelampung dan menyeburkan diri ke sungai dengan cara memegang tali yang sudah disiapkan oleh panitia, kegiatan ini bertujuan untuk melatih mental untuk menepiskan rasa takut.

IMG_20171124_161425_HDR

terpancar sinar wajah ceria dan senyum lebar tampak pada anak anak itu yang sudah cukup letih dengan kegiatan yang cukup padat, mereka nampak menikmati agenda tersebut yang awalnya ada yang ragu dan namun melihat semua pada happy akhirnya semua ikut nyebur ke sungai…. hehe.

IMG_20171124_161453_HDR

langit memang tampak mendung namun tak sengaja kutemukan pelangi dilangit senja kala itu,teringat akan lagu letto hehe.

IMG_20171124_161747_HDR

Landscape alam dari Allah terlalu indah dan itu ada pada kamu, langit senja. Keindahan yang berbeda, keindahan yang selalu indah, dan itu untuk kamu. Tak tahu seberapa jarak perpisahan antara kita, tak tahu bagaimana cara aku bisa sampai disana, dan bagaimana aku bisa memeluk dirimu. Aku tak pernah tahu. Yang aku tahu ditempatmu terdapat bintang, bulan dan matahari yang memberikan dunia kesejukan. kamu hebat walau berwarna apapun, putih, biru, jingga warnamu yang aku tahu, yang membuat indahnya dunia penuh canda.

24208915_1571662656245697_789243854_o

dari kejauhan kulihat anak anak itu tertawa riang dan aku pun terdiam, sambil berbisik dalam hati, Disanalah pancaran kebahagiaan memancar dari hatimu..

Laksana pelangi dipenghujung senja menguning, dan Alam melukis pelangi dari riuh riuh dan Pelangi kebahagiaan adalah hadiah bagi mereka yang tulus.

24203558_1571665769578719_34325469_n

Mereka yang sering berdiam menanti akhir yang indah dan mencoba terus bersabar meski kita terkadang sulit,bila kita ibaratkan pelangi dilangit senja kita akan banyak bicara soal cinta dan harmoni bagaimana tidak, warna pelangi yang tidak sama warnanya namun bisa memberikan harmoni dan elok bila orang memandang bahkan tak jarang orang mengabadikan moment ketika langit berhiaskan pelangi.

ada sebuah pancar harapan dibalik indahnya pelangi yakni mulailah kita untuk memahami dengan bijak dan Bersahabatlah dengan anak anak barangkali kita pernah kesal namun Mereka proses berkembang dan Mereka yang memahamimu ketika diri kita saat marah dibalik kekesalan mereka yang menuntun untuk melembutkan hati ini, dan mengingatkan kita seperti dulu.

pancaran warna indah yang ditampilkan oleh pelangi ibarat sifat dan karakter siswa siswi saat ini yang harus dipadu agar menjadi harmoni yang indah.*(Bersambung)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>