Mengenalkan Anak Pada Dunia Pustaka


Sekolah AlamMengenalkan Dunia literasi pada anak usia sekolah dasar, bukanlah perkara mudah. Diantara kita pasti akan berfikir ketika anak berkunjung kepustaka media apa yang kira kira ditampilkan untuk anak anak terumtama kelas 1 SD. merancang sebuah kelas untuk proses belajar bersama anak anak-anak dengan membuat membuat simulasi mulai mengenalkan jenis dan fasilitas yang ada dipustaka dibantu oleh fasilitator kelas dalam mengenal dunia pustaka sejak dini.

Pustaka dan kearsipan merupakan dua hal paling mendasar bagi dunia literasi dan penting untuk dikenalkan pada anak-anak sejak mereka memasuki usia pertengahan sekolah dasar. sangat mungkin bagi kita mengajak belajar mereka dengan cara mengenal dan memahami apa arti pengertian secara harfiah bahwa pustaka adalah kumpulan dari buku dan literasi yang diarsipkan dalam bentuk tertentu atau bla bla bla.

Anak-anak masa tumbuh kembang atau usia sekolah dasar adalah fase paling kuat dalam mengembangkan imajinasi. Banyak imajinasi yang mereka kembangkan terkadang di luar nalar orang dewasa. Dan kita sebagai orang dewasa, malah kerap kali mendapat pelajaran tak terduga dari mereka. Dalam belajar, mereka hanya membutuhkan stimulus untuk membuka pintu keberanian dan kesempatan menyampaikan apa yang ingin mereka sampaikan. Orang dewasa hanya perlu menemani dan menjaganya, tidak lebih. Dunia anak adalah dunia penuh kejutan, dunia warna warni, dunia pelangi di atas bumi.
Sekolah Alam Picture
Secara umum, masa anak-anak merupakan masa awal dari suatu proses pencarian diri manusia. Oleh karena itu dunia anak-anak adalah dunia yang penuh petualangan, penuh dengan pertanyaan-pertanyaan, dan keinginan-keinginan yang belum tentu dapat kita jawab dan kita penuhi seluruhnya.

Ini menunjukan kepada kita bahawa dunia itu ada “suatu kebutuhan mutlak” dari anak yaitu pengetahuan tentang dunia sekitar. Alat bantu utama untuk mencari pengetahuan ini adalah buku-buku. Dengan buku inilah anak-anak, seperti layaknya manusia dewasa pada umunya dibantu untuk memahami dunia sekitar. Pengetahuan yang diperoleh dari proses membaca ini akan menjadi bekal mereka dimasa yang akan datang. Tugas kita adalah mengajak, mengarahkan serta memberi contoh pada mereka untuk membaca dan membaca.

WhatsApp Image 2017-11-14 at 11.40.35 (1)
Dalam mendekatkan anak pada dunia lierasi dan pustaka ialah dengan memberikan stimulus, Salah satu stimulus yang penting dalam merangsang kecerdasaan otak anak anak adalah dengan memperkenalkan buku pada anak sejak usia dini. Mengapa membaca penting? Dengan membaca si kecil akan mampu membaca berbagai informasi yang ada didunia ini. Baik melalui buku, internet, televisi, surat kabar dan banyak lagi. Untuk itu pengenalan huruf dan angka sangatlah penting untuk otak si kecil.

Anak yang gemar membaca dapat lebih cepat menyerap ilmu yang ada dilingkungannya, dan setelah dewasa kelak terbukti mereka lebih cerdas dan memiliki beragam pengetahuan lebih dibandingkan mereka yang tak hobi membaca.

artinya sejak awal pada mereka seharusnya sudah ditanamkan kebiasaan memanfaatkan “perangkat lunak” pendidikannya ini sehingga rasa cinta dan kebutuhan akan buku dan membaca semakin meningkat. Sikap ini penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan penanaman sikap yang demikian pada anak-anak maka bukan hal yang mustahil bangsa kita dimasa yang akan datang dapat turut ambil bagian dalam “perlombaan” untuk meraih informasi terbaru.

Secara umum dunia literasi sangat dekat dengan perpustakaan dapat membantu secara aktif pendidikan di luar sekolah bagi anak-anak dan juga seluruh masyarakat yang tidak sempat atau dapat mengenyam pendidikan. Perpustakaan telah menjadi pusat segala berita, data dan informasi dari sifatnya rekreasi sampai ilmiah-edukatif.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>