Mengenal Sekolah Alam Duri Lebih Dekat Lagi


Sekolah Alam DuriSekolah Alam merupakan salah satu model pendidikan yang berupaya untuk melakukan pengembangan pendidikan secara alami seperti belajar dari segala alam yang ada disekitarnya. Di samping itu sekolah alam juga merupakan alternatif pendidikan dengan menggunakan metode pembelajaran alam sebagai media utamanya dalam pembelajaran siswa.

Berangkat dari sebuah konsep pendidikan yang digagas oleh Lendo Novo . Lendo terinspirasi oleh gagasan ayahnya tentang integrasi ilmiah ilahiah. Ayahanda Lendo, Zuardin Azzaino adalah seorang pegawai Bank Indonesia yang juga penulis buku. Zuardin berpendapat bahwa integrasi ilmiah ilahiah atau integrasi antara iman dan ilmu pengetahuan-teknologi adalah cara untuk mengembalikan kebangkitan Islam.

Selama ini, umat Islam terlena dan membahas fikih saja. Selain itu umat Islam juga perlu untuk kembali memegang teguh akhlak mulia.

Menurut Lendo, tujuan pendidikan dalam Islam adalah mencetak khalifatullah fil ardh. Sehingga, kurikulum sekolah alam juga bertujuan untuk mencetak pribadi yang siap mengemban amanah Allah dalam mengelola bumi ini (khalifatullah fil ardh)

Adapun konsep pendidikan yang diterapkan pada sekolah alam Duri saat ini adalah :

A. Sekolah yang Ramah Anak

Ketika anak memasuki usia sekolah, sebagai orang tua tentu akan memutar otak untuk memilih dan mempertimbangkan berbagai aspek dalam menentukan jenis pendidikan yang akan ditempuh oleh buah hati. Apakah mereka akan bersekolah di sekolah umum, sekolah swasta yang mengadopsi kurikulum dari luar negeri, sekolah dengan muatan pendidikan keagamaan yang kental, atau malah memutuskan untuk home Schooling karena tidak percaya dengan sistem sekolah di manapun?

Sebelum menentukan pilhan tentu butuh pertimbangan bahwa anak akan menghabiskan sebagian besar waktunya di sekolah akan menjadi alasan yang utama. Sekolah merupakan tempat mereka mengenyam pendidikan, mengembangkan potensi diri, dan memulai kehidupan sosialnya di luar lingkungan keluarga.

Dalam hal ini sekolah Alam Duri Menerapkan Prinsip dasar yang juga dijalankan dalam lingkungan sekolah diantaranya adalah :

1. non diskriminasi

setiap anak untuk mendapatkan hak pendidikannya tanpa diskriminasi, baik diskriminasi berdasarkan jenis kelamin, disabilitas, agama, suku bangsa, maupun latar belakang orang tua. Mereka mendapatkan kesempatan yang sama untuk memilih tempat duduk yang disukai, menggunakan fasilitas di sekolah, dan mengutarakan pendapat.

2. Menghormati hak anak

Saat berada di sekolah, anak berhak untuk mendapatkan lingkungan yang sehat dan aman. Untuk mewujudkan hal tersebut, Sekolah Ramah Anak harus menjadi lingkungan yang bebas asap rokok, aman dari napza, memiliki fasilitas berupa toilet yang bersih dan sehat, menyediakan kantin yang bersih dan sehat, serta terjamin keamanan lingkungannya.

3. Anak sebagai pusat perhatian

sekolah mengusahakan bahwa anak merupakan fokus utama di sekolah. Artinya, setiap keputusan dan tindakan oleh pengelola dan penyelenggara pendidikan diambil dengan anak sebagai pertimbangan utama. Keputusan apapun baik itu pendanaan, pembangunan, kurikulum, dan sarana serta prasarana di sekolah, diambil dengan memperhatikan kebaikan dan kegunaannya bagi pendidikan anak serta aspek-aspek lain terkait kondisi anak seperti kondisi fisik dan psikologis.

B. Menyesuaikan dengan Proses Perkembangan Anak

Banyak yang setuju bahwa mendidik anak harus sesuai dengan fitrah anak anaknya, namun banyak juga yang bertanya bagaimana wujud pendidikan berbasis Fitrah dalam keseharian mendidik anak anak. Pendidikan berbasis fitrah sesungguhnya sangat sederhana. Kita hanya mengupayakan proses yang sealamiah mungkin sesuai fitrah atau kodrat Allah dan menjalaninya sesuai sunnatullah tahap perkembangan manusia.

Di Sekolah Alam Duri kini tengah mengadopsi sebuah konsep perkembangan anak berdasarkan Fitrah yang pernsah disampaikan oleh Harry Santosa, yakni setipa anak itu unik dan mengembangkan minat mereka sesuai dengan kebiasaan yang ia lakukan, yang harus kita ketahui bersama ialah kewajiban mendidik bukan sekedar sepenuhnya dibebankan pada lembaga pendidikan dengan harapan mengejar nilai akademik semata namun harus ada hubungan timbal balik orang tua dan sekolah dalam pengembangan nilai akademis dan akhlakul karimah.

Metode penegembangan berdasarkan proses perkambangan anak ialah untuk mengajak para siswanya untuk mengartikan konsep fitrah, yang mana sekolah tidak lagi dijadikan sebagai beban namun lebih sebagai realitas kehidupan yang ilmunya bisa di terapkan pada kehidupan sehari-hari. Karena Sekolah ini hadir sebagai jalan keluar untuk mengatasi kebosanan bagi anak-anak ketika belajar sekaligus mewujudkan cita-cita bagi siapa saja yang peduli akan perubahan dunia pendidikan lebih baik yang anda di Indonesia.

C. Tempat Bermain Yang Luas

Saat ini Sekolah Alam Duri memliki Lingkungan luas Di alam terbuka, hal; ini anak-anak akan lebih merasa bebas. Mereka tidak terkungkung di dalam aturan yang kaku, karena sekolah alam duri sangat mengutamakan kreatifitas anak. Anak-anak akan lebih banyak belajar dengan metode “learning by doing”. Dengan melakukan apa yang mereka pelajari, anak-anak akan lebih mampu menyerap dan mengingat ilmu.

D. Lingkungan Yang Kondusif

Lingkungan sekolah merupakan salah satu penunjang pembelajaran yang penting untuk perkembangan anak, ketika kita memasuki lingkungan sekolah alamduri kita akan melihat pepohonan nan hijau dan asri serta penataan tempat sampah dan beberapa display tentang serkolah. Tak kalah menarik juga sekolah alam duri tengah berkomitmen mewujudkan sekolah tanpa sampah palstik dan asap rokok walapun saat orang berkunjung di jam luar sekolah sebuah atauran tetap berlaku.

Selanjutnya setiap warga sekolah alam duri setiap warganya harus memiliki kepedulian terhadap konservasi alam dan lingkungan hidup di sekitar sekolah. Dengan kriteria khusus berupa tumbuhnya tanaman besar yang berada di lingkungan sekolah yang berguna untuk konservasi serta membantu siswa untuk memahami jenis dan manfaat tanaman besar. Sehingga memiliki kesadaran sebagai hamba Allah, yang mampu mengelola dan menjaga lingkungan dengan baik.

E. Core Value Sekolah Alam

Dalam pendididkan sekolah alam kita akan mengenal sebuah kurikulusekolah alam dimaksud adalah program-program pendidikan yang difasilitasi sekolah untuk memberi berbagai pengalaman sejati kepada siswa dalam rangka mencapai misi sekolah alam. Program – program tersebut berada di dalam dan tidak keluar dari  5 (lima) komponen berikut ini :

A. Akhlaq dan Leadership

Pendidikan Akhlaq dan Leadership menjadi bagian terbesar dari program-program pendidikan yang harus ada di sekolah alam. Pemberian pengalaman dan pembelajaran akhlaq yang paling dasar adalah melalui pembiasaan, yang didukung oleh upaya penyadaran dan keteladanan dari lingkungan sekitar siswa terutama orang tua dan guru. Untuk itu, di sekolah alam sudah seharusnya pendidikan melibatkan pendidik utamanya yaitu orang tua. Komponen Leadership dalam rangka mencapai misi khalifah fil ardh, dilakukan melalui program-program kepanduan/scouting dan proyek-proyek leadership (Project Based Learning).

b.      Bakat dan Lifeskill

Misi menjadi rahmat bagi semesta bisa dilakukan oleh setiap individu, saat ia mampu memunculkan dan mengoptimalkan potensi yang diberikan Allah SWT pada dirinya. Setiap individu diciptakan berbeda, dan setiap individu adalah Bintang. Untuk itulah, sekolah alam cukup concern dengan pengasahan bakat dan lifeskill ini, dan berprinsip  pendidikan untuk semua.Tentunya penemuan bakat peserta didik terutama usia SD, perlu usaha dan proses yang berkesinambungan. S

ebagian besar anak diketahui bakatnya, saat ia sudah mendapatkan beragam pengalaman dari sekian banyak aktivitas dan difasilitasi perangkat-perangkat assesment, seperti talents maping, MIR, finger print, dan tools lainnya dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Lifeskill dapat dilakukan melalui magang, proyek bisnis dan pembiasaan.

c.       Seni dan Kreativitas

Program-program seni dan kreativitas merupakan salah satu modal siswa mampu berinovasi dan kreatif, sehingga dengan inovasinya tersebut, saat dewasa ia mampu menjadi solusi masalah atas kehidupan diri dan bangsanya.

d.      Lingkungan dan Konservasi

Menjadi keunikan sekolahalam, karena sekolahnya mengeksplorasi alam, menggali potensi lokal alamnya kemudian melakukan banyak penelitian, eksperimen, konservasi sampai menciptakan teknologi yang ramah lingkungan. Siswa pun perlu dikenalkan dengan kegiatan konservasi lingkungan, tempat-tempat/ miniatur dari pelestarian hewan langka dan tumbuhan, karena kelak merekalah yang bertanggung jawab memelihara dan menjaga bumi.

e.       Logika dan Pengetahuan

Seperti halnya sekolah lain, di sekolah alam ada keilmuan yang perlu dipelajari, seperti IPA, Matematika, IPS. Pembelajaran mata pelajaran ini  diolah sekreatif mungkin agar kemampuan logika siswanya terasah, tidak terbatas pada hafalan tetapi mencapai kemampuan high order thinking.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>