Kembali ke Fitrah Menjadi tema Buka Bersama Sekolah Alam


Sekolah Alam Duri

Bulan Ramadhan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu apalagi saat berbuka puasa, baik berbuka bersama dengan keluarga maupun teman-teman. Di bulan puasa pasti diantara kita selalu mempunyai rencana buka bersama kan? Dan pasti rencana itu bukan hanya satu, bahkan lebih dari satu.

Biasanya disekolah pasti akan mengadakan buka bersama setiap tahunnya, biasanya buka bersama disekolah disertai dengan kegiatan-kegiatan keagamaan agar lebih bermanfaat, Karena suasana berbuka puasa di bulan suci Ramadan menjadi terasa berbeda dan asyik bila dilakukan bersama warga sekolah dan orangtua.

sari

Seperti yang dilakukan sekolah alam duri pada tahun ini kembali menggelar buka bersama dilapangan sekolah bersama walimurid pada hari jum’at 8 juni 2018. Suasana menjelang berbuka puasa ini semakin terasa istimewa apalagi sebentar lagi akan menghadapi libur panjang lebaran bebarengan dengan libur semester genap.

34721567_1242604615881618_8324949450732601344_n

“Alhamdulillah Kegiatan buka bersama berjalan lancar dan Pokoknya serulah, suasana berbuka disekolah menjadi berbeda, kalau biasanya kita dengan keluarga sekarang dengan pengurus yayasan, guru dan walimurid pasti bedalah,” kata Bastian selaku ketua pelaksana buka bersama.

eer

Hadir juga Ustadz Khairul Umam L.C, M.E.Sy, memberikan sebuah tausiyah dengan tema Kembali Fitrah, Dalam sepuluh hari terakhir menjelang berakhirnya Ramadhan, sebagian besar masjid dipenuhi jamaah yang ingin menghidupkan malam dengan beriktikaf memperbanyak ibadah, seperti tilawah Al Quran dan melakukan “qiyamul lail” (shalat malam/tahajjud), sebagaimana dianjurkan Rasulullah Muhammad SAW.

34743401_1242605529214860_1616051294173134848_n

Namun tanpa terasa bulan penuh ampunan ini sudah berada di akhir perjalanannya, dan hari-hari indah yang diisi dengan amal ibadah akan berlalu. Banyak perasaan yang muncul di hati. Selain rasa sedih, ada pula rasa bahagia, senang dan gembira, manakala telah berhasil menjalani ibadah Ramadhan dengan sebaik-baiknya, serta berharap mendapatkan derajat kemuliaan, kembali menjadi manusia yang bersih seperti bayi yang baru lahir.

Dalam sebuah kesempatan itu , Ustadz Khairul Umam mengingatkan umat Islam agar di penghujung Ramadhan tidak melupakan kewajiban menunaikan zakat, baik fitrah maupun zakat maal. Karena zakat fitrah merupakan simbol kepedulian terhadap fakir miskin, anak yatim dan kaum dhuafa. Zakat fitrah juga menjadi syarat utama sebelum amalan Ramadhan diterima Allah.

“Kita semua berdosa apabila di hari Idul Fitri nanti, masih ada yang tidak bisa turut menikmati kebahagiaan. Oleh sebab itu, zakat fitrah ini begitu diutamakan,” katanya.

Zakat fitrah bertujuan membebaskan kefakiran pada Hari Raya Idul Fitri. Sedangkan secara umum zakat artinya membersihkan, bisa juga berarti menyucikan. Pembersihan ini dalam arti secara fisik dan secara nonfisik (spiritual).

tk

“Dari setiap rezeki yang kita peroleh, Allah menitipkan sebagian untuk orang lain sehingga tidak bisa harta itu kita makan semua dan tidak menyisihkan untuk orang lain. Itu sama saja artinya hak orang lain kita makan, sehingga zakat menjadi sarana membersihkan harta kita terhadap kewajiban menyisihkan tadi,” katanya.

Penunaian semua ibadah selama bulan ramadhan ini adalah suatu proses pembersihan diri. Membersihkan diri dari maksiat dan dosa kepada Allah Swt, dan juga membersihkan diri dari dosa-dosa sesama makhluk, khususnya sesama manusia. Proses pembersihan diri ini bertujuan untuk kembali ke fitrah.

Sejauh mana seseorang dapat memberi makna pembersihan diri selama Ramadhan untuk dirinya, tentu sangat tergantung kepada kualitas dan kuantitas ibadah yang ditunaikannya. Semakin tinggi kualitas dan kuantitas ibadah yang ditunaikan, maka semakin bermakna proses pembersihan diri dimaksud bagi dirinya. Sebaliknya, proses ini tidak bermakna apapun jika Ramadhan dilewati tanpa disertai dengan ibadah kepada Allah sesuai tuntunan-Nya.(AJ)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>