Green Camp SAri: Belajar Merawat dan Menjaga Lingkungan


Sekolah Alam Duri

Sekolah Alam Duri yang berlokasi di jalan stadion kelurahan air jamban duri, kecamatan Mandau kabupaten bengkalis menggelar kegiatan green camp dengan tema “ Awesome camp for Awesome kids” yang di ikuti oleh kelas 4 yang berjumlah 43 orang dan 7 guru pendamping selama kegiatan berlangsung.

Green camp ini dilaksanakan selama tiga hari dua malam pada tanggal 18-20 April 2018. Menurut Ketua Kemah Hijau ( green camp) , Pak nazaruddin mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih anak anak agar lebih mandiri, mampu bersosialisasi dengan masyarakat sekitar dan mengenal jenis tanaman yang mereka temui saat kegiatan berlangsung.

864bf251-e1f9-45e1-b640-daff58fcb5e3

Desa kesumbo Ampai, itulah nama sebuah desa yang berada di kecmatan Bathin solapan yang bersebelahan langsung dengan kecmatan Mandau yang masih satu lingkup kabupaten bengkalis sobat.

Nah, di desa Kesumbo Ampai ini masyarakatnya mayoritas adalah suku sakai, ada yang tau kan hehe. Tapi sebagain besar mereka sudah memeluk agama islam dari dahulu. Di desa tersebut masih ada hutan adat larangan yang luasnya 300 hektar dan masih terjaga keasrianya sobat hehe. Dan adat istiadat disini juga masih kental kearifan lokalnya.

Rabu18 April 2018 para siswa siswi kelas 4 berangkat menuju desa Kesumbo Ampai dengan jarak perjalanan selama 40 menit dari sekolah alam duri. Sesampai di lokasi para peserta menurunkan barang barang perlengkapan dan bergegas mendirikan tenda yang di dampingi oleh guru pendamping di masing masing kelompok yang sudah dibagi.

a787ebf2-d81c-489b-a9df-a37bc18f24ce

Hari pertama kegiatanya, setelah mendirikan tenda adalah makan siang bersama dan sholat berjamaah. Siang itu cuaca cukup panas sinaran matahari cukup menyengat sampai ke kulit hehe. Pada sore hari peserta melakukan kegiatan gotong royong bersama membersihkan sampah plastik disekitar rumat adat suku sakai kemudian di lanjutkan dengan merapikan tenda masing masing.

Pada malam hari setelah sholat magrib dan makan malam bersama , dilanjutkan dengan penjelasan materi tentang budaya dan adat masyarakat suku sakai yang disampaikan oleh salah satu pemuda di desa tersebut yang masih memliki hubungan darah dengan ketua adat suku sakai di desa tersebut.

741f6f3b-491d-4d7c-b21a-90284f618327

a2cc1f3f-9ddf-4b30-a09e-9442e1b42c7c

Anak anak begitu sangat antusias mendengarkan penjelasan dari bang Rasyid mulai dari hutan adat yang masih terjaga keasrianya walaupun tidak seluas dahulu namun masih ada aneka satwa didalamnya sampai bercerita tentang adat suku sakai dan ternyata mendengar penjelasan tersebut rasa penasaran anak anak muncul saat penjabaran tentang adat mulai banyak disampaikan dan ada juga anak anak yang bertanya dengan sedikit melucu hehe.

fc72ad7c-9d82-49cd-85d8-479a08e4ab3d

Bang Rasyid menyampaikan kepada kami (pendamping), luar biasa anak anak keingintahuanya tinggi bahkan pertanyaanya ada juga yang diulang ulang, tapi saya suka sekali dengan anak anak yang berani bertanya saat bertamu atau menginap disebuah kampung ketimbang datang saja enggan bertanya tentang adat dan kearifan budaya disini ; ungkap beliau.

Dan tibalah masa untuk istirahat malam, masing masing kelompok bergegas menuju tenda masing masing, belum lama mereka masuk tenda untuk istirahat rahmat Allah datang menghampiri kami malam itu dan kami pun di persilahkan mengungsi menuju balai adat ‘burung lontik orang monai’. Sampai akhirnya semua peserta tertidur di balai sampai menjelang subuh.

Subuh terasa sejuk sampai menusuk tulang, peserta bergegas melaksanakan sholat subuh berjamaah dan dilanjutkan dengan al masurat bersama, pagi pagi biasanya di sekitar rumah adat sakai ada sekelompok kera yang berkeliaran namun saat itu kami merasa aman karena kelompok tersebut tidak datang hanya terlihat seekor saja .

4ca725d1-4b20-4767-a463-379a6996dfcc

Hari kedua kegiatan kami adalah tracking, kegiatan tracking ini merupakan kegiatan wajib yang gak boleh dipisahkan dari kegiatan green camp hehe. Kami pagi itu sarapan sebelum melaksanakan kegiatan tarcking. Kali ini perjalanan kami lumayan jauh juga , menempuh perjalanan hampir 3 jam hehe.

7fdad508-7db9-4a62-9590-63347b9ebde3

25600fd9-4807-4e3b-befb-e39ec1ffcf40

Sepanjang perjalanan siswa siswi wajib membawa air minum dan membawa lembaran worksheet kegiatan selama tracking. Hingg akhirnya sampailah kami pada titik pertama yakni kebun karet di sanalah kami istirahat sejenak melepaskan rasa penat.

1baa0f85-883d-45b1-ad0a-4af1907a20d9

Perjalanan pun kembali dilanjutkan yakni kekebun sayuran milik masyarakat sekitar dan kami bertemu dengan pak slamet yang saat itu tengah menyiangi kebun timun, pare, gambas. ditempat itu peserta juga bertanya dengan pak slamet dan belajar tentang berkebun serta pemasaranya lho hehe.

d7f629d2-d281-4548-ae91-fbc0847b3e35

Saat kami akan berpamitan mau pulang menuju lokasi tempat kami kemah ternyata pak slamet lagi panen mentimun karena pak slamet senang dengan ramahnya anak anak dan mau bertanya maka setiap anak dapat satu buah mentimun  .

a492b89c-c37c-49b5-aabe-9e51c1e78ab3

Lelah, haus, dan capek itulah yang terlihat diwajah peserta namun dibalik itu mereka menikmati kegiatan dan senyum indah masih terpancar dari wajah wajah mereka. Dan akhirnya tibalah kami di lokasi kemah dan istirahat kemudia dilanjutkan dengan sholat zhuhur dan makan siang bersama. Dan istirahat sembari menyiapkan tugas dan mengingat yel yel masing masing, sebelum melanjut ke agenda berikutnya.

Selepas shalat ashar peserta melanjutkan agenda dan diakhiri dengan menuju kolam sembari bersih bersih badan.

a33fbda4-843b-4f8f-bea0-2b290dbdb5ea

Malam ketiga ada penampilan tarian khas dari suku sakai , wah anak anak pada penasaran dengan tariannya, dan mereka dengan tertib dan duduk rapi dilapangan untuk melihat penampilanya.

Malam itu cuaca cerah dan bintang bertabur indah menghiasi langit malam itu, setelah acara penampilan tarian khas adat suku sakai. Kami pun bergegas istirahat…..

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>