Belajar menyenangkan itu di Alam


22688481_1526824837410011_3751705044001278238_n (1)

Menyekolahkan anak adalah hal yang paling membanggakan sekaligus bikin deg-degan. Orangtua harus pandai-pandai memilihkan sekolah untuk buah hati. Hal pertama yang mesti diperhatikan adalah biaya tentu saja. Namun ada hal yang gak kalah penting, yaitu metode pengajaran sekolah tersebut. Saat ini muncul tren menyekolahkan anak di sekolah alam. Apa itu sekolah alam dan perbedaan metode pendidikan yang diterapkan?
Sekolah konvensional umumnya memiliki kurikulum padat teori dan mengutamakan kognitif siswa. Ada juga beberapa SD menawarkan konsep sekolah terpadu dengan muatan religi atau bilingual. Dan kini tengah berkembang metode pendidikan terpadu yang mengambil nilai nilai pendidikan dasar berkonsep belajar bersama alam. Pengalaman adalah guru terbaik. Lewat semboyan tersebut, Sekolah alam Duri berusaha membawa siswa untuk lebih banyak bereksplorasi dengan alam untuk memperoleh berbagai pelajaran hidup.
Tidak sekedar membicarakan teori, bukan berarti siswa tidak dapat belajar banyak. Sekolah Alam Duri ingin membuat siswanya merasa seperti tidak belajar. Suasana kelasnya pun terbuka dengan alam dan siswa bebas belajar dengan berbagai gaya mereka.
disekolah alam ini kita bisa melihat akan perbedaan dengan sekolah lainnya adalah belajar langsung dari alam. Belajarnya menggunakan metode eksplorasi dan action learning. Sekolah alam terbaik memiliki nilai-nilai lain yang diasah di sekolah. Tanyakan dan sesuaikan dengan tujuan Anda saat memilih sekolah alam.
Dalam bukunya Du de ‘education, Jean Jacques Rousseau ( 1712-1718) menggambarkan cara pendidikan anak sejak lahir hingga remaja. Rousseau menyarankan ‘back to nature’ dan pendekatan yang bersifat alamiah dalam pendidikan anak, yaitu : ‘Naturalisme’. Naturalisme berarti, pendidikan akan di peroleh dari alam, manusia atau benda, bersifat alamiah sehingga memacu berkembangnya mutu seperti kebahagiaan, sportifitas dan rasa ingin tahu. Dalam prakteknya, naturalisme menolak pakaian seragam (dress code), standarisasi keterampilan dasar yang minimum. dan sangat mendorong kebebasan anak dalam belajar. ( Artikel pendidikan network- Pendidikan Usia Dini yang Baik Landasan keberhasilan pendidikan Masa depan, Drs. H. Agus Ruslan, M. M.Pd).
Kurikulum sekolah alam mengacu pada Al Quran dan hadits. memperkaya metodenya dengan berbagai bacaan seperti sekolah Toto Chan, Mahatma Gandhi, Paulo Freire dan lain-lain. Intinya, manusia tercipta untuk menjadi kalifah—pemimpin—di muka bumi. Jadi ia harus memiliki kecerdasan dan kemampuan untuk mengelola alam.(Miko)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>