Akreditasi Sekolah Punya Cerita


sekolah alam duriPenghujung Oktober sebuah kabar diterima bahwa sekolah akan mengikuti proses akreditasi dan tentu kabar itu membuat warga sekolah deg degan akan sebuah proses akreditasi, mau tak mau semua sekolah akan melewati proses itu. Awal November menjadi sebuah catatan sejarah tersendiri bagi sekolah Alam Duri, kita juga tau bahwa dibulan November kita pasti akan diingatkan sebuah momentum perjuangan para pahlawan yang saat itu, :) :)

Seru, dag-dig-dug, kesel, dan penasaran bercampur jadi satu. Kalau sekolah sekolah lain mungkin sudah tahu bagaimana tahapan-tahapannya, tapi sekolah kami baru memulai dan mengejar informasi tentang apa saja yang harus dipersiapkan.

Bayangkan saja dari yang belum begitu faham, harus meraba-raba, dan banyak belajar lagi. Awalnya memang hanya sedikit tau tentang akreditasi ini, perlahan mulai menikmati alur dan mengikuti segala rangkaian kegiatan sekolah ini yang tentunya menguras tenaga, pikiran, dan waktu. :)

Ngomong-ngomong soal akreditasi sekolah kami dijadwalkan untuk di akreditasi oleh Badan Akreditasi Sekolah, Depdiknas. Yaitu untuk unit SD Pada hari Rabu- Kamis(7-8 Oktober 2018). Hanya berselang beberapa hari dari TK Alam Duri yang juga baru saja mengikuti prosesnya. sebuah momentum gayung bersambut dan tetap semangat dalam menjalaninya.

45647379_1778402072287121_6144445664664223744_nAkreditasi yang pertama kalinya, maka kami sekali lagi mengerahkan segala daya upaya untuk akreditasi ini agar optimal dihadapan asesor. Dan sebagai insan pendidikan yang peduli terhadap kualitas, justru kami syukuri. Mengapa? Karena komponen yang ada dalam Perangkat Akreditasi pada kali ini benar-benar cerminan dari Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.

Yang artinya secara konseptual antara visi yang ada di dalam Undang-Undang sinergi dengan aplikasi di lapangan.Komponen akreditasi tersebut terdiri dari: (1). Standar isi; (2). Standar proses, (3). Standar kompetensi lulusan; (4). Standar pendidik dan tenaga kependidikan; (5). Standar sarana dan prasarana; (6). Standar pengelolaan; (7). Standar pembiayaan; dan (8). Standar penilaian.

Dari 8 standar di atas semuanya harus dibuktikan dengan bukti fisik yang kuat seperti RPP maupun dokumen-dokumen penting lainnya. kami sih berharap semuanya dapat nilai A, Mudah-mudahan ya, Aamiin!

Demi melengkapi segala instrumen di atas, kami harus pulang malam bahkan ada yang sampai menginap disekolah demi mengejar apa saja yang harus dipersiapkan tentunya juga membagi tenaga, pikiran, serta waktu. Maka, kami juga butuh asupan gizi yang lengkap hehe.

Demikian sekelumit tentang cerita keriwehan kami dalam menghadapi akreditasi.  
45610296_1331545306982861_4310570834876956672_n

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>